Hakikat Manusia

Pengertian dan Aspek-aspek Hakikat Manusia

Pada artikel kali ini, learnpentest.com akan membahas mengenai hakikat manusia. Yuk simak penjelasannya.

Pengertian Hakikat Manusia

Selain sebagai makhluk sosial, manusia juga merupakan makhluk yang suka bertanya. Banyak sekali pertanyaan yang diajukan setiap manusia mulai dari pertama dia di lahirkan sampai nanti tutup usia.

Mau tidak mau, tentu kita sebagai manusia memiliki banyak sekali pertanyaan yang ingin kita ajukan diluar pembahasan mengenai diri kita sendiri. Istilah kerennya adalah learning, atau belajar.

Setiap manusia selalu berusaha untuk mempelajari tentang dirinya sendiri dengan berbagai macam cara dan berbagai macam pendekatan (Commonsense, ilmiah, filosofis dan juga religi). Sedangkan bila melalui sudut pandang, seperti belajar biologi, sosiologi, antropologi, psikologi dan juga politik.

Semua itu adalah ragam cara yang manusia lakukan untuk memahami dirinya sendiri. Bagaimana sifatnya, bentuk tubuhnya, dan lain sebagainya. Dari semua kegiatan tersebut, perlahan kita memperoleh ilmu pengetahuan mengenai diri kita sendiri bahkan juga orang lain.

Diluar sekolah kita memiliki banyak sekali pertanyaan, tapi giliran sedang berada di forum resmi seperti di kelas, kenapa susah sekali mengajukan pertanyaan?

Manusia, pada kenyataannya memiliki keragaman antara manusia yang satu dengan yang lainnya. Keragaman ini dapat dilihat dari berbagai macam aspek, contohnya adalah warna kulit, warna rambut, strata sosialnya, dan juga kebiasannya. Kita akan menjumpai banyak sekali perbedaan dari semua orang yang pernah kita jumpai.

Mungkin kita akan membandingkan-bandingkan sifat, bentuk atau lainnya dari setiap manusia, kemudian kita menyimpulkan bahwa ada kemiripan antara yang satu dengan yang lainnya. Ingat itu hanyak mirip, akan tetapi tidak sama. Namun hanya ada 1 yang membuat semua manusia itu sama, yaitu setiap manusia a, b, c, dan seterusnya sama-sama manusia. Kesamaan ini tidak akan ada satu orangpun yang membantahnya kecuali Firaun yang menganggap dirinya adalah Tuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *