pengertian ham

Pengertian HAM

Memahami Pengertian hak asasi manusia – Setiap manusia di bumi ini memiliki hak dan kewajiban untuk dijalankan. Pada zaman sekarang ini, muncul istilah HAM yang disitu terdapat Hak, asasi, dan manusia. Dimana hak memiliki arti kepemilikan dan asasi memiliki arti yang fundamental.

Sehingga dapat dikatakan bahwa hak asasi manusia merupakan hak fundamental yang harus dimiliki oleh setiap orang. Tanpa ada orang lain yang boleh mengusiknya. Contohnya hak hidup, hak berbicara dan hak bergaul.

Pengertian HAM Menurut Para Ahli

Hak Asasi Manusia merupakan salah satu cabang ilmu yang kini telah dipelajari diberbagai universitas di seluruh dunia. Sehingga terdapat beberapa pengertian dan arti mengenai apa itu HAM. Berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Menurut John Locke
    Hak asasi manusia adalah hak-hak yang diberikan langsung oleh Allah kepada manusia sebagai hak alami. Oleh karena itu, tidak ada kekuatan di dunia yang bisa menariknya keluar. HAM memiliki sifat dasar dan sakral.
  2. HAM Menurut Jan Materson
    Januari Materson adalah anggota Komisi Hak Asasi Manusia PBB. Menurut HAM hak yang ada pada setiap kehidupan manusia adalah mustahil tanpa mana manusia sebagai manusia.
  3. HAM Menurut Miriam Budiardjo
    Hak asasi manusia adalah hak setiap orang yang lahir di dunia. Hak yang universal, karena memiliki hak tanpa perbedaan. Apakah ras, jenis kelamin, budaya, etnis dan agama.
  4. HAM Menurut Prof. Koentjoro Poerbopranoto
    Hak asasi manusia adalah hak dasar. hak asasi manusia, sesuai dengan alam yang pada dasarnya tidak dapat dipisahkan begitu suci.
  5. Menurut Human Rights Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999
    Hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Hak ini adalah hadiah yang harus dilindungi dan dihormati oleh semua manusia.

Kesimpulan dari berbagai hak asasi manusia di atas definisi merupakan kebutuhan pokok yang harus dimiliki oleh manusia karena di dalam rahim.

Setelah mempelajari berbagai gagasan hak asasi manusia, untuk lebih menentukan berbagai hak asasi manusia. Berikut adalah pendapat Anda:

  1. Hak Pribadi (Personal Hak Asasi Manusia)
    Hak-hak ini adalah hak privasi masing-masing. Contoh ini adalah hak asasi manusia pribadi kebebasan berekspresi; kebebasan untuk perjalanan, memindahkan, pindah ke tempat yang berbeda; dan sebagainya.
  2. Hak Politik (Politik Hak)
    Ini adalah hak mendasar dalam kehidupan politik seseorang. Contohnya adalah hak untuk dipilih dan penilaian; hak partisipasi dalam kegiatan pemerintah; hak untuk membuat permintaan dan sebagainya.
  3. Hak ekonomi (hak milik)
    Hak ini menyiratkan hak individu dalam hal ekonomi. Contoh hak milik adalah hak kebebasan dalam hal penjualan, perjanjian kontrak; pelaksanaan sewa; memiliki sesuatu; dan memiliki pekerjaan yang memadai.
  4. Hak Keadilan (hak prosedural)
    Hak dalam memperoleh perlakuan yang sama dalam proses peradilan. Contohnya adalah hak untuk pertahanan; hak untuk menerima pemeriksaan pengobatan, penyidikan, penangkapan, pendaftaran, memberikan konsultasi publik.
  5. Sosial dan budaya
    hak terkait dalam masyarakat. Contohnya termasuk hak untuk menentukan, memilih, dan perilaku pendidikan; Hak untuk menerima instruksi; untuk budaya yang sesuai dengan bakat dan minat mereka.
  6. Hak Act (sama hak-hak hukum)
    Hak untuk populasi yang sama hukum dan administrasi. Contoh menerima perlakuan yang sama di bidang hukum dan pemerintahan, pegawai negeri sipil menjadi, perlindungan dan pelayanan hukum.

Kasus pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia
Meskipun gagasan tentang hak asasi manusia telah disiapkan dengan cara seperti itu, tapi pelaksanaannya masih banyak pelanggaran. Dengan cara yang sama di Indonesia sendiri memiliki berbagai kasus pelanggaran.

Pengertian HAM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *